Pesanan Ayam Broiler Harus Terjamin Dengan 4 Langkah Ini

Harga Ayam Broiler. Di saat momen Ramadhan dan jelang lebaran, ayam Sangat dibutuhkan karena dipakai baik untuk memasak menu harian ataupun bagi yang berjualan masakan matang. Semuanya dapat menggunakan bahan ayam sebagai sumber protein hewani. Akan tetapi, jika tidak jeli memilih ayam broiler, atau ayam potong anda bisa membeli ayam potong yang kurang berkualitas. Terkadang pembeli hanya terjebak dengan harga ayam broiler yang murah, tetapi kualitas tidak bisa dipertanggungjawabkan. Berikut adalah cara memilih ayam broiler dan tidak hanya berdasarkan atas harga ayam broiler saja.

1. Pilih Yang Segar

Ayam yang masih segar relatif masih hangat ketika disentuh. Hal tersebut karena darah ayam belum Seluruhnya membeku. Sementara jika terpaksa membeli ayam Yang sudah dibekukan tetaplah mengambil yang warna daging masih putih kemerahan. Jika ayam sudah  berwarna putih pucat atau berwarna kebiruan maja ayam tersebut sudah tidak segar lagi.

harga ayam broiler

Bagi anda yang tidak sempat pergi ke tempat penyembelihan langsung atau ke pasar yang biasa menjual ayam habis potong, bisa ke supermarket dengan kriteria daging yang masih bagus, juga dapat memilih ayam yang kemasannya rapat. Pada umumnya, ayam dimasukkan pada wadah styrofoam dan dibungkus plastik film yang tipis, dan elastis. Ada lagi cara mengetahui tingkat kesegarannya, biasanya setelah dicuci air pada ayam menetes dan tampak di dalam bungkus.

Perhatikan warnanya. Jika masih jernih atau kemerahan, berarti ayam masih segar. Tetapi jika berwarna kerih menunjukkan sudah mulai timbul perbedaan karakter fisik maka ayam, sudah kurang bagus untuk dikonsumsi, maka kualitas ayam tersebut tidak mesti sebanding dengan harga ayam broiler standar.

2. Cari Penjual Yang Banyak Pembeli

Meskipun tidak bisa dijadikan sebagai patokan, penjual yang banyak dikunjungi pembeli pada umumnya memberikan layanan yang Bagus sehingga pembeli percaya. Coba anda amati jika ada penjual ayam yang banyak pembelinya. Pada umumnya, bisa dipercaya kualitasnya. Harga ayam broiler bahkan bisa lebih murah di tempat orang jualan yang laris manis.

Hal tersebut terjadi karena penjual yang laris tidak sempat memiliki ayam yang sudah basi. Tingkat rotasi ayam sangat cepat. Sekali potong langsung terbeli, demikian pula sebaliknya. bagi anda yang membeli dalam jumlah besar tidak ada salahnya melakukan pemesanan terlebih dahulu sehingga bisa dipastikan daging yang dijual masih segar. Harga ayam broiler dalam jumlah besar tentu saja berbeda dibandingkan dengan membeli eceran.

3. Mengetahui Sistem Pemotongan

Jangan disangkakan sistem pemotongan ayam tidak memberikan kontribusi terhadap segar atau tidaknya daging yang dihasilkan. Ayam yang disembelih secara benar relatif memberikan kualitas daging segar yang prima. Ayam yang mati bukan karena disembelih pisau ataupun dibunuh secara hidup-hidup, seperti langsung dimasukkan ke dalam air panas sebelum putus urat nadinya atau dicekik dan dijerat, biasanya menyisakan darah beku pada dagingnya yang menghasilkan warna biru. Jika anda menemukan daging ayam dengan bercak biru di bawah lemak, kemungkinan besar ayam disembelih secara tidak wajar. Mengucurnya darah dari leher ayam yang dipotong membantu mencegah bakteri berkembang biak di dalam tubuh ayam dengan cepat.

4. Harga Wajar

Sebelum memutuskan membeli daging ayam broiler, tidak ada salahnya untuk mencari tahu harga ayam broiler di pasaran. Dapat searching di internet ataupun bertanya ke beberapa penjual dan bisa juga survei ke supermarket yang menjual ayam potong. Jangan sampai anda merugi karena salah mendapatkan harga yang kemahalan.

Demikian beberapa hal yang dapat dilakukan bagi yang membutuhkan daging ayam broiler.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *