Ayam Beku Murah Yang Berkualitas Dilihat Dari 5 Poin Ini

Ayam Beku Murah. Daging ayam masih menjadi primadona yang banyak disukai. Umumnya pada saat membeli akan lebih memilih daging ayam yang masih segar daripada dalam bentuk beku. Padahal ayam beku murah memiliki kualitas yang hampir sama dengan ayam segar. Yang dimaksud dengan ayam beku adalah daging ayam segar yang disimpan dan dibekukan dalam freezer.

Penyimpanan beku pada daging ayam akan menurunkan kadar gizinya sekitar 5-10%. Sehingga kadar gizinya tidak terlalu banyak berubah. Penurunan kadar itu termasuk sedikit karena terkadang setelah belanja daging ayam akan disimpan juga di freezer apabila tidak langsung dimasak. Oleh karena itu, maka membeli ayam beku sebenarnya juga tidak masalah.

10. Ayam Beku Murah

Daging ayam segar yang sudah dipotong tidak akan tahan jika dibiarkan dalam suhu biasa selama 4 jam. Apabila selama itu tidak segera disimpan dalam suhu dingin akan menyebabkan pembusukan agar lebih awet. Daging ayam yang mulai membusuk akan ditandai dengan warnanya yang berubah menjadi kehijauan.

Ayam Beku Murah Dan Berkualitas

Penyimpanan daging ayam yang benar adalah di ruang bersuhu tidak lebih dari 10°C karena di atas suhu ini dapat menjadi perkembangan kuman dan bakteri. Begitu pula dengan ayam segar yang ada di pasar, jika sudah lebih dari 4 jam maka harus disimpan dalam suhu dingin. Membeli ayam beku murah dapat menjadi solusi untuk mendapatkan bahan masakan berkualitas.

Pada saat membeli ayam beku biasanya sudah dalam bentuk kemasan. Ada beberapa kelebihan dari ayam beku. Ayam yang beku lebih awet, tidak mudah busuk, lebih bersih dan harganya lebih terjangkau. Pertumbuhan kuman dan bakteri dapat dicegah jika ayam disimpan dalam suhu dingin.

Agar memperoleh ayam beku maka sebaiknya tidak hanya membelinya saja, tetapi harus memilih yang berkualitas. Berikut beberapa syarat yang harus diketahui saat memilih ayam beku murah.

1.Warna Daging Ayam.

Pada saat memilih daging ayam beku maka warna daging harus tetap seperti ayam segar yaitu putih krem kemerahan. Warna daging ayam beku yang cenderung pucat, kehijauan, kekuningan dan abu-abu tidak usah dipilih. Warna-warna tersebut merupakan tanda daging ayam yang sudah mulai membusuk.

2. Tekstur Daging Ayam.

Tekstur daging ayam yang kenyal, ketika ditekan dapat balik kembali merupakan tanda dari daging ayam yang masih segar. Sedangkan jika daging ayam beku lembek ketika ditekan maka sebaiknya tidak dipilih.

3. Memperhatikan Kemasan.

Daging ayam beku biasanya dikemas di dalam plastik. Kemasan yang baik dan rapat akan dapat mencegah terjadinya kerusakan dari daging ayam tersebut. Apabila kemasan dari daging ayam beku robek atau tidak baik maka sebaiknya tidak dipilih.

4. Tanggal Kadaluarsa.

Umumnya jika daging ayam beku dijual di supermarket akan ditempel tanggal kadaluarsa sebagai jaminan kesegaran produk. Daging ayam yang disimpan di dalam suhu beku dapat tahan sekitar 1 bulan. Namun jika dijual biasanya tanggal kadaluarsa yang tertulis terakhir hanya sampai 7 hari saja agar daging ayam terjamin kesegarannya.

5. Proses Pembelian Daging Ayam Beku.

Jika ingin membeli ayam beku maka sebaiknya pada akhir belanja saja. Setindak tidak menunggu waktu yang lama untuk dimasukkan ke freezer di rumah Anda, sehingga tidak cepat mencair dan menyebabkan pertumbuhan bakteri.

Daging seperti ini  dapat menjadi solusi untuk memperoleh bahan masakan berkualitas. Daging ayam beku memiliki kandungan gizi yang sama dengan ayam segar dan pada saat penyimpanan hanya berkurang sedikit saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *