10 Langkah Menjadi Distributor Ayam Potong

Distributor ayam potong. Berbisnis ayam potong sedang menjadi trend saat ini. Banyak pengusaha makanan yang membutuhkan ayam potong untuk diolah. Jika anda juga ingin turut berkiprah di dalam usaha bidang ini, maka menjadi distributor ayam potong merupakan langkah tepat. Distributor merupakan pendistribusi atau yang menyebarkan dagangan ke konsumen baik yang retail maupun partai besar.

Distributor ayam potong.

Jika tertarik maka berikut adalah 10 langkah penting untuk menjadi seorang distributor ayam potong.

1. Menentukan Supplier

Seorang distributor ayam potong berarti memiliki seorang supplier yaitu berupa peternakan ayam yang akan menyetor dagangan kepada anda. Anda bisa memilih supplier terbaik di area anda. Supplier yang bagus harus mempunyai ayam yang sehat dan proses pemotongannya bagus. Pemotongan ayam berpengaruh di dalam kualitas daging.

2. Menentukan Lokasi Berjualan

Menjadi distributor ayam potong harus siap untuk didatangi para pembeli. Oleh karena itu bisa, menentukan lokasi strategis untuk berjualan. Namun di era teknologi ini anda juga bisa melakukan penjualan online di mana pembeli dapat melakukan pemesanan tanpa harus bertemu dengan anda. Akan tetapi, untuk bisnis ayam potong biasanya pembeli lebih senang langsung bertemu penjual karena bisa memilih ayam secara fisik.

3. Mencari Konsumen

Untuk berbisnis sebagai distributor ayam potong anda harus berburu konsumen. Tidak. Harus menunggu konsumen datang mencari anda, anda bisa secara proaktif mencari konsumen. Salah satunya adalah menawarkan ke katering atau hotel-hotel untuk menjadi pelanggan usaha anda.

4. Membuat Brand

Meskipun hanya berbisnis ayam pedaging di mana diharapkan setiap hari laku barang dagangannya,  menjadi penjual ayam potong tingkat distributor selayaknya memiliki brand supaya konsumen mudah mengingat jika akan membeli produk anda dan bisa mempromosikan usaha anda. Sebuah usaha yang mempunyai brand atau nama relatif lebih sukses dibandingkan usaha yang tanpa mempunyai brand untuk dikenal oleh khalayak.

5. Membangun Kepercayaan Pelanggan

Kepercayaan adalah hal penting di dalam aktivitas manapun. Bagi anda yang berbisnis, buatlah pelanggan menjadi percaya dan mereka akan selalu hadir untuk setiap menjadi konsumen. Kepercayaan dapat dirangkul salah satunya dengan menjual ayam potong berkualitas, antara harga dengan kualitas sepadan. Kemudian jangan pernah sekalipun berbohong kepada konsumen.

6. Memberikan Kemudahan

Konsumen adalah raja masih berlaku di dalam dunia perdagangan. Bagi anda yang menjadi distributor ayam potong, cobalah memberikan kemudahan bagi pelanggan baik di dalam  komunikasi, pendistribusian dan juga layanan paska jual. Anda bisa dihubungi dengan mudah, bisa mengantarkan dagangan dan mau menerima komplain dapat anda terapkan untuk kemudahan konsumen.

7. Memberikan Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan merupakan hal prinsip di dunia perdagangan. Pelanggan yang puas akan loyal dan selamanya tidak beralih dari jualan anda. Kepuasan busa dilakukan dengan memberikan produk terbaik sekaligus pelayanan yang prima.

8. Mencatat Keluhan Pelanggan

Sebuah kesalahan bisa terjadi di manapun. Akan tetapi, upaya untuk menurunkan resiko terjadinya kesalahan berulang juga harus selalu dicegah. Di dunia bisnis, kekecewaan pelanggan sering terjadi. Untuk membuat pelanggan mau kembali tidak salah jika meminta feed back dari mereka terhadap kekecewaan yang dialami akan produk anda. Kemudian catat setiap keluhan dan solusikan serta hindari kesalahan yang sama.

9. Menjadi Teman Untuk Pelanggan

Usaha menjamin distributor ayam potong yang dicari dapat anda lakukan dengan melakukan langkah berbeda dari distributor lainnya. Salah satunya adalah dengan menjadikan pelanggan teman bukan sekedar hubungan penjual dan pembeli, maka mereka akan lebih loyal memberi produk anda.

10. Memberi Gimmick

Gimmick disuka oleh pelanggan. Berikan kejutan dan hadiah untuk pelanggan bisa berupa kuis atau hadiah langsung bagi pelanggan loyal.

Demikian 10 langkah menjadi distributor ayam potong yang andal. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *