Memilih Dan Membeli Daging Ayam Berkualitas

Dari masa ke masa rupanya daging ayam tetap unggul dan menjadi sajian makanan favorite semua kalangan terlebih untuk anak anak yang menyukai hidangan ayam goreng. Daging ayam ini banyak disukai sebab rasanya yang sangat lezat dan nikmat serta dapat diolah menjadi berbagai macam menu makanan. Daging ayam banyak dijumpai dimana saja baik di pasar, swalayan, atau bahkan di warung terdekat anda. Namun ketika anda sedang membeli daging ayam maka anda harus memperhatikan kualitasnya sebab tidak sedikit para oknum yang berlaku nakal untuk mendapatkan banyak keuntungan seperti menjual daging ayam tiren atau mati kemarin. Ulasan berikut ini akan memberikan anda beberapa ciri ciri dari daging ayam berkualitas. Untuk anda yang sudah penasaran maka langsung saja simak ulasan yang ada dibawah ini.

Ciri Ciri Daging Ayam Berkualitas

Ciri ciri dari daging ayam pada umumnya yaitu memiliki warna daging putih dan pucat kemudian pada bagian otot paha serta otot dada kenyal dan tidak menimbulkan bau amis. Kemudian untuk ciri ciri daging ayam berkualitas dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Faktor tersebut bisa saja terjadi ketika hewan ayam ini masih hidup atau pada saat setelah di potong. Agar tingkat kualitas daging menjadi lebih layak di konsumsi maka ketika hewan ayam tersebut masih hidup harus di pelihara dengan cara memberi makan dan merawat kesehatannya secara rutin. Kemudian kualitas dari daging ayam tersebut juga bisa dipengaruhi oleh darah yang berkontaminasi dengan daging ayam setelah dipotong.

Daging ayam berkualitas juga bisa dilihat secara langsung pada keempukan serta kelunakan dagingnya. Daging ayam tersebut bisa empuk akibat adanya kandungan jaringan ikat yang ada didalamnya. Jika ayam berusia semakin tua maka tentu saja jaringan ikat yang ada didalamnya semakin banyak sehingga dagingnya akan menjadi liat. Untuk daging ayam yang sehat akan terasa kenyal dan padat ketika di sentuh atau di tekan dengan menggunakan jari.

Memilih Dan Membeli Daging Ayam Berkualitas

Kualitas daging ayam juga bisa dilihat dari kadar kandungan lemak atau yang sering disebut dengan marbling yang ada didalam daging tersebut. Marbling ini sendiri merupakan jenis lemak yang ditemukan pada intramuscular atau serabut otot. Lemak yang memiliki peranan penting untuk melindungi otot ini dapat mempertahankan kualitas keutuhan dari daging ayam tersebut saat sedang dipanaskan. Marbling ini sendiri dapat mempengaruhi cita rasa dari daging ayam tersebut. Sehingga marbling tersebut juga merupakan ciri dari daging ayam berkualitas.
Untuk daging ayam berkualitas tentunya akan memiliki rasa daging yang sangat sedap dan juga gurih. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh perawatan seperti pemberian pakan pada saat hewan ayam tersebut masih hidup. Tentunya daging ayam yang sangat berkualitas akan memiliki kelembaban yang cukup normal yaitu kering. Kemudian tempat penyimpanan daging juga dapat mempengaruhi kualitas dari daging ayam tersebut.

Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui dari daging ayam berkualitas. Dengan adanya ulasan di atas tentu anda dapat menghindari terjadinya pembelian daging ayam yang sudah tidak layak konsumsi. Sebab daging ayam yang sudah tidak dapat dikonsumsi oleh manusia namun dijual oleh oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut dapat menimbulkan berbagai macam penyakit didalam tubuh manusia. Oleh karena itu, mulai saat ini anda harus lebih berhati hati dan teliti ketika sedang memilih dan membeli daging ayam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *