[pgp_title]

Tips Memilih Daging Ayam Karkas Sehat Dan Bebas Formalin

Tips Memilih Daging Ayam Karkas Sehat Dan Bebas Formalin – Daging ayam adalah salah satu sumber protein hewani yang paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, sebab harganya yang cukup terjangkau bila dibandingkan dengan daging sapi. Selain hal tersebut juga mudah sekali didapatkan. Animo masyarakat ini jadi tringger bagi para penjual daging ayam untuk menyediakan daging ayam lebih banyak. Tetapi cara – cara yang digunakan pastinya tak semuanya baik, ada beberapa pedagang yang kurang memperhatikan aspek ASUH (daging ayam yang aman, sehat, utuh, dan halal), yang demikian ini pasti sangat membahayakan Anda sebagai konsumen. Oleh sebab itulah, Anda harus tahu cara membedakan daging ayam yang baik dan yang tak baik.

Ayam Karkas

Tips Membedakan Ayam Karkas Sehat Dan Tidak Sehat

  • Kulit berwarna putih bersih, mengkilap, dan tak dijumpai memar
  • Bau khas daging ayam
  • Pembuluh darah di semua tubuh tak terlihat
  • Serabut otot memiliki warna agak pucat bekas tempat pemotongan, di bagian leher regangannya besar dan tak merata
  • Konformasi sempuerna dan tak dijumpai cacat
  • Bersih dari kotoran
  • Tak dijumpai bulu jarum di ayam karkas atau daging ayam

Tips Memilih Daging Ayam Karkas Sehat dan Bebas Formalin

Warna ayam karkas

Langkah pertama, silakan Anda perhatikan bagian warna daging ayam karkas. Hindarilah memilih ayam karkas yang berwarna pucat, mengkilap, dan kebiruan, sebab semestinya daging ayam yang segar ini memiliki warna putih keabu – abuan dan cerah, atau cenderung berwarna merah muda. Bila ayamnya mengkilap dan tak dihinggapi lalat, bisa dipastikan ayam tersebut mengandung formalin.

Kemasan ayam

Apabila Anda hendak membeli ayam karkas di supermarket, Anda juga harus hati – hati. Ayam potong atau ayam karkas yang dijual di supermarket selalu dibungkus plastic yang rapi. Jika plastiknya tak lagi rapat, ini artinya sudah disentuh oleh banyak orang dan sudah cukup lama berada di tempat tersebut. Harus dihindari sebab mikroba bisa meresap dalam plastic. Oleh sebab itulah, lebih baik Anda pilih ayam dengan bungkus plastic yang rapat.

Hindari darah ayam

Ada baiknya hindari ayam dengan memiliki banyak darah, sebab kondisi ayam tersebut mempunyai beberapa indikasi, diantaranya sudah banyak disentuh oleh berbagai tangan, sehingga menjadikan bakteri semakin banyak, atau bisa juga berarti sudah dibekukan maupun dicairkan beberapa kali.

Tekstur daging ayam

Ayam yang sehat, baik, dan segar, jika ditekan, maka bentuknya akan kembali seperti sediakala, terasa lebih empuk. Bila kulit ayamnya tenggelam dan lebih cenderung keras, ini artinya ayam tak lagi segar dan pastinya tak baik dikonsumsi. Jika terasa kenyal, maka ayam tersebut dipastikan mengandung formalin, dan ayamnya yang tampak bengkak juga bisa dipastikan telah disuntik supaya lebih berat dibandingkan ukuran aslinya.

Bau ayam

Ayam karkas yang segar, sehat, dan bebas formalin semestinya tak memiliki bau, sehingga Anda akan tahu apa ayam tersebut masih segar atau pun tidak dari adanya bau busuk pada daging ayamnya. Bila ayam tersebut berbau bahan kimia, bisa dipastikan ayam karkas mengandung formalin atau pun bahan kimia berbahaya yang lainnya.

Untuk Anda yang butuh suplai daging ayam segar, Anda bisa langsung mengunjungi situs kami kfayam.com atau dengan menghubungi kami di 0812-80000-848. Kfayam.com adalah supplier daging ayam terbaik yang ada di Jakarta dan Jawa Barat, yang menyediakan pasokan ayam karkas dan ayam utuh segar, sehat, dan bebas formalin dengan harga terjangkau.

Demikian informasi tentang tips memilih daging ayam karkas sehat dan bebas formalin. Semoga saja bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *