[pgp_title]

Tips Memilih Ayam Karkas Berkualitas Tinggi

Ayam Karkas  – Memang benar sekali bahwa untuk bisa memilih ayam karkas atau nama lainya ayam buntung yang berkualitas tinggi ini perlu diperhatikan ciri – ciri khusus tertentu, misalnya saja keadaan tubuh, perlemakan, keadaan kulit, dan tulang. Anda pastinya sudah pernah melihat, atau bahkan sering sekali mengkonsumsi daging ayam. Akan tetapi masih belum tentu semua orang tahu apa itu karkas ayam atau ayam karkas, dan bagaimana bentuk maupun kriteria pemilihan yang baik.

Baru – baru ini mulai merebak sebuah kabar mengenai jual beli daging ayam karkas atau ayam buntung mati yang beredar di pasaran. Hal yang demikian ini memang cukup meresahkan para konsumen. Untuk itulah, hendaknya konsumen mempunyai pengetahuan mengenai kriteria karkas atau ayam buntung yang baik, sehingga tak salah pilih. Karkas ayam merupakan ayam yang sudah dipotong, dibului, dan dihilangkan bagian jeroannya, kepala dan kakinya. Bentuk dari potongan ayam yang seperti ini, sekarang banyak sekali diperdagangkan, baik di supermarket atau pun di pasar tradisional.

Ayam Karkas

Tips Memilih Ayam Karkas Berkualitas Tinggi

Keadaan tubuh

Bentuk atau pun konformasi karkas / ayam buntung yang baik ini harus kompak atau padat. Paha, sayap, betis, dan dada berdaging lebih tebal. Besar daging dada bisa diketahui dengan mengukur panjang tulang dadanya, sebab tulang dada adalah tempat perlekatan daging. Semakin panjangnya tulang dada, maka akan semakin banyak pula daging yang melekat. Bentuk dada yang baik pada ayam karkas ini harus lebar dan bulat.

Kulit

Kulit dari ayam karkas / buntung yang baik harus utuh, tak terlihat memar, penebalan, luka atau bekas luka. Warna kulit lebih baik dipilih yang putih agak kekuningan. Perhatikan juga apa kulitnya benar – benar bebas dari bulu – bulu jarum yang masih belum tercabut, mengingat mikroba terkadang bersarang dalam bulu tersebut. Harus cermati juga apa ada kecacatan kulit yang berupa memar, yakni warna kebiruan pada permukaan kulit. Memar tersebut bisa saja terjadi dikarenakan ada benturan keras mengenai karkas. Dengan adanya memar ini, maka daya tahan karkas pada serangan mirkoorganisme rendah, sehingga daging karkas mudah membusuk.

Perlemakan

Perlemakannya juga harus menyebar secara rata di bagian bawah kulit, yang menutupi semua bagian karkas atau buntung. Lemak ini harus dipertahankan, karena selain memberikan rasa yang lezah dan gurih, lemak tersebut juga jadi pelindung daging dari kekeriangan saat digoreng. Ini disebabkan lemak hindari sentuhan secara langsung antara daging dan minyak goreng.

Keadaan tulang

Ayam karkas atau ayam buntungjuga dikatakan cukup berkualitas apabila tak dijumpai tulang yang patah, atau pun persendian yang terlepas. Bagian sayap harus diperhatikan sebab umumnya hilangnya persendian terjadi di bagian ujung sayap.
Khususnya untuk ayam karkas atau ayam buntung yang tak segera dikonsumsi setelah dipotong, lebih baik disimpan ke dalam pendingin. Pendinginan sebabkan perkembangan mikroba jadi lambat, sehingga pembusukan juga diperlambat. Kerusakan daging selain dikarenakan berkembangan mikroba, juga dipengaruhi ketidak normalannya kerja enzim dalam daging itu sendiri.

Lalu, dimanakah Anda bisa mendapatkan ayam karkas atau ayam buntung berkualitas tinggi? Kfayam.com adalah solusi terbaik untuk Anda yang ingin membeli daging karkas atau daging ayam buntung berkualitas. Dengan membeli daging karkas di kfayam.com ini maka Anda tak hanya akan mendapat daging dengan kualitas tinggi, akan tetapi harga yang ditawarkan juga lebih terjangkau. Kfayam.com adalah supplier terbaik di Jakarta dan Jawa Barat yang menyediakan daging segar dan sehat dengan proses pengiriman daging ayam super cepat dan aman hingga ke tempat Anda.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang tips memilih ayam karkas atau ayam buntung berkualitas tinggi. Semoga saja bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *